Lemari Pendingin Rusak, Mayat Membusuk di RSUD 

Padangsidimpuan -  Fasilitas lemari pendingin di rumahsakit umum daerah (RSUD) kota Padangsidimpuan ternyata sudah lama mengalami kerusakan.

Akibatnya, mayat tak dikenal yang ditemukan di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan dititipkan ke RSUD tersebut menjadi busuk.

Hal ini diketahui setelah sejumlah anggota Komisi 3 DPRD setempat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD tersebut pada Senin (16/3/2020) malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Wakil rakyat yang melakukan sidak itu  yakni Iswandy Arisandy (PAN) dan Irfan Harahap (Partai Demokrat). Mereka mengaku melakukan sidak guna menyahuti keluhan dari keluarga bau busuk mayat tak dikenal itu telah menggangu pasien dan pengunjung.

Beberapa meter sebelum menuju kamar mayat, bau busuk sangat terasa. Bahkan para wakil rakyat itu terpaksa tutup hidung. Begitu pintu kamar mayat dibuka, bau menyengat kian terasa.

Di dalam kamar mayat tersebut, terlihat mayat Mr X sudah dibungkus di peti dan diletakkan di dekat alat pendingin yang sudah tidak berfungsi.

Iswandy Arisandy mengaku prihatin dengan kondisi ini. "Kamar mayatnya tidak layak pakai, karena fasilitas pendingin jenazah rusak," ujar Iswandy yang diamini oleh Irfan Harahap.

Pihaknya berencana akan meminta keterangan Walikota Irsan Efendi Nasution, pimpinan RSUD dan Dinas Kesehatan Padangsidimpuan terkait hal ini. "Ini sudah cukup parah, kami akan meminta keterangan wali kota langsung," tegas Irfan Harahap.

Penulis: Effendi Jambak
Editor:Redaksi
Photographer:Effendi Jambak

Baca Juga