Bertugas di Perbatasan, Medan Jurnalis Club Minta Polisi Dibekali APD

Ilustrasi | Polisi Lalulintas (Polantas)

Medan – Sejak dua hari terakhir jalur ke Kota Medan dari berbagai penjuru mulai diberlakukan penjagaan ketat. Bahkan beberapa pintu masuk ke ibukota Provinsi Sumatera Utara ini mulai dilakukan penyekatan dan jalur zigzag.

Namun, salah satu upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 itu justru dinilai rentan tertular pada petugas kepolisian yang berada di jalanan.

"Petugas tak dibekali APD (alat pelindung diri) yang lengkap. Hanya mengenakan masker. Idealnya juga harus mengenakan pakaian hazmat," kata Presidium Medan Jurnalis Club Muhammad Asril, Senin (27/4/2020) di Medan.

Pria yang akrab disapa Asril ini menyebutkan, dalam pemberlakuan jalur zigzag itu, petugas kepolisian turut memeriksa semua pengendara yang masuk Kota Medan. Untuk itu, dia menyarankan agar petugas juga dibekali APD.

"Kita tidak tahu mana pengendara yang terjangkit. Dan kita tidak mau begitu petugas pulang ke rumah malah menjangkiti keluarganya sendiri. Biar aman, maka petugas Polantas juga harus dibekali APD yang lengkap," ujarnya.

Muhammad Asril yang juga Wakil Ketua KNPI Sumut itu meminta Pemprov Sumut dan Pemko Medan agar mengupayakan penyediaan APD lengkap bagi para Polantas yang tengah bertugas.

Presidium Medan Jurnalis Club ini juga memuji aparat kepolisian yang tetap menjalankan tugas meski tak dibekali APD di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Ini tugas mulia yang tak banyak disorot publik. Maka sudah sewajarnya kami menyampaikan apresiasi," tukas Asril.

Diketahui saat ini Satlantas Polrestabes Medan melakukan penyekatan jalan pintu masuk ke Kota Medan, untuk mencegah arus mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi Covid-19. Penyekatan telah dilakukan pada tiga titik pintu masuk ke Kota Medan, yakni perbatasan di Tanjung Morawa, perbatasan Binjai dan Karo.

Langkah ini sejalan dengan keputusan Presiden Joko Widodo yang telah melarang aktivitas perpindahan orang dari satu daerah ke daerah lain pada musim Lebaran 2020 ini.

Penulis: Devis Karmoy
Editor:Redaksi

Baca Juga