Banjir di Tanjung Pura, Puluhan Ruko Ditutup Sementara

Ruko di Jalan lintas Sumatera, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Tanjung Pura, Langkat digenangi air.

Langkat – Akibat tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir, serta luapan air dari sungai Sei Batang Serangan, Kecamatan Tanjung Pura, telah menggenangi sejumlah Rumah toko (Ruko) di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Jum'at (1/5/2020).

Akibatnya sebagian pengusaha setempat memilih untuk menutup usahanya, hingga menunggu air surut. Tak hanya ruko, sebagian Jalan lintas Sumatera serta  gang di Tanjung Pura juga tergenang air.

Berdasarkan informasi diperoleh Swarasumut.com, selain tingginya curah hujan disertai luapan air sungai, penyebab genangan air juga disebabkan karena adanya dugaan kebocoran dari pintu klep air di Sei Batang Serangan, Tanjung Pura.

Kepala Lingkungan (Kepling) I, Kelurahan Pekan Tanjung Pura Andi alias Acai membenarkan adanya sejumlah ruko yang di genangi air akibat luapan sungai Sei Batang Serangan.

"Ya, ada beberapa Ruko di Lingkungan I dan Lingkungan II yang posisinya rendah dimasuki air hingga kedalaman 20 centimeter,” tutur Andi.

Kepling I Kelurahan Pekan Tanjung Pura ini kembali menyebutkan, air mulai menyurut setelah dua hari terakhir pihaknya menyedot air dengan mesin pompa celub tambak atas partipasi warga setempat yang ikut berpartisipasi lewat dana untuk menghidupkan kembali mesin pompa celup.

“Mesin itu sudah dua hari hidup, dan salah satu gang di Jalan Pajak Ikan Lama (air) sudah mengering,” sebut Acai.

Penulis: Reza Pahlevi
Editor:Redaksi

Baca Juga