Pulang dari Surabaya, Warga Berastagi Positif COVID-19

Kepala Dinas kesehatan Karo Irna Syafrina saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait pasien positif COVID-19 di Kabupaten Karo, Rabu (8/4/2020).

Karo – Dinas Kesehatan Karo menyebutkan, seorang warga Kecamatan Berastagi, Karo dinyatakan positif terinfeksi Coronovirus Disease (COVID-19). Pasien berjenis kelamin perempuan itu saat ini tengah dirawat di RS Colombia Asia Medan.

“Iya memang benar ada seorang warga Karo yang dinyatakan positif, dan saat ini sedang dalam penanganan rumah sakit di Medan," kata Kepala Dinas Kesehatan Tanah Karo dr Irna Syafrina kepada Swarasumut.com, Rabu (08/04/2020).

Irna menguraikan, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke keluar kota, dan sempat menjalani isolasi mandiri. Namun, pasien tersebut mengalami gejala Covid-19, sehingga langsung menjalani perawatan ke Medan.

"Sebelumnya pasien ini melakukan perjalanan ke Surabaya, sesudah pulang isolasi mandiri. Terus gak lama, timbul gejala lalu dibawa ke rumah sakit," ujarnya.

Irna mengakui, data pasien positif tersebut baru diketahui berdasarkan hasil laporan pasien dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatera Utara.

Irna menyebtukan pasien positif Covid-19 ini juga tidak pernah melaporkan ke layanan kesehatan di Karo.

"Jadi pasien ini setelah mengalami gejala, langsung dibawa ke rumah sakit di Medan. Jadi gak sempat di bawa ke Puskesmas atau rumah sakit disini, makanya kita juga taunya setelah dapat update data Covid dari Pemprovsu," bebernya.

Meski begitu, Irna mengatakan hingga saat ini kesehatan warga Berastagi itu terlihat sehat.

“Pasiennya sedang dirawat ya, dan tadi sudah bertemu dengan keluarga korban dan saya juga sudah sempat video call sama pasien melalui anaknya, dan tadi saya lihat kondisinya masih stabil saat berbicara," terang Irna Syafrina.

Penulis: Daris
Editor:Redaksi
Photographer:Daris

Baca Juga