Pertengahan Februari, SP Online 2020 Dimulai

Gubsu Edy Rahmayadi Mendukung BPS Sumut

Medan - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut akan meluncurkan secara resmi sensus penduduk online (SP Online) 2020 pada 15 Februari mendatang. Ini merupakan bagian dari SP online yang dicanangkan oleh BPS Pusat.

Sejauh ini, BPS Sumut belum bisa memastikan apakah peluncuran program nasional itu akan dilakukan melalui sebuah acara resmi yang kemungkinan dihadiri oleh Gubernur Edy Rahmayadi.

"Atau, kami pada tanggal 15 Februari.itu mendatangi sejumlah tokoh Sumut yang bermukim di Kota Medan, khususnya Pak Gubernur Edy Rahmayadi, untuk memulai SP Online 2020 ini," ujar Kepala Bagian Statistik Sosial BPS Sumut, Muhamad Mukhanif.

Ia mengatakan hal itu kepada para wartawan seusai acara bertajuk "Sosialisasi Pemuktahiran Diagram Timbang IHK dan NTP Tahun Dasar 2018" di lantai 5 Kantor BPS Sumut, Jalan Gagak Hitam, Medan, Kamis (30/1/2020).

Mukhanif menjelaskan, belum adanya acara seremoni yang pasti bukan karena BPS Sumut tidak siap, melainkan karena tanggal 15 Februari adalah hari Sabtu yang merupakan hari libur kerja di setiap instansi, termasuk instansi pemerintah.

"Jadi, pilihannya, tetap bikin kegiatan pas di tanggal 15 Februari itu, atau kita buat acara sermoninya di hari Senin (17/2/2020). Tetapi tetap SP Online 2020 dimulai pada tanggal 15 Februari sesuai perintah pusat," ujar Mukhanif.

Namun yang mana pun kegiatan yang akan dilakukan BPS Sumut, Mukhanif mengungkapkan sebuah kabar gembira. "Pak Gubernur (Edy Rahmayadi-red) dukung kita, dukung SP Online 2020 ini," ujar Mukhanif.

Bahkan dalam suatu kesempatan, ungkap Mukhanif, Gubsu Edy Rahmayadi pernah bertanya kepada BPS Sumut kapan bisa diajak ke kantor BPS Sumut.

"Dalam sebuah pertemuan, beliau pernah bertanya ke kami, kapan saya diundang ke BPS Sumut. Itu kata beliau ke kami. Kami tentu bahagia didukung penuh oleh Pak Gubernur. Ini energi bagi kami untuk berbuat yang terbaik bagi Sumut," tegas Muhamad Mukhanif.

Baca Juga