Pembangunan Infrastruktur Desa

Bupati Taput Ingin Jalan Lingkar Siborongborong Dinamai Jalan Ir Soekarno

Bupati Tapanuli Utara saat memimpin rapat pembahasan pemenuhan Readiness Criteria berupa Feasibility Study untuk pembangunan Jalan Lingkar Siborongborong, Rabu (22/1/2020)

Tarutung-Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Siborongborong yang diprogramkan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mulai dibahas. Proyek dengan volume pekerjaan kurang lebih 2 km yang didanai dengan pagu Rp 20 milyar ini, akan mulai dikerjakan pada 2020 ini.

Namun, proyek Kementerian PUPR ini memerlukan dukungan Pemda, yaitu pemenuhan Readiness Criteria berupa Feasibility Study, Dokumen Lingkungan dan Kesiapan Lahan.

Terhadap Readiness Criteria ini, Pemkab Tapanuli Utara melaksanakan rapat bersama stake holder setempat mengambil langkah untuk mewujudkan pembangunan Jalan Lingkar Siborongborong.

Rapat pembahasan pembangunan jalan nasional yang di pimpin Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan ini, dihadiri Kepala Desa Sitabotabo, Kepala Desa Sitabotabo Toruan dan Kepala Desa Lobu Siregar II, di Ruang Kerja Bupati Taput, Rabu (22/01/2020).

“Jalan Lingkar ini harus jadi karena menarik anggaran dari pusat, ini bukan hal yang gampang. Jangan karena pembebasan lahan, pembangunan ini bisa gagal. Ini untuk kemajuan masyarakat Tapanuli Utara, khususnya Kecamatan Siborongborong, terutama Desa desa yang dilalui jalan lingkar ini,” ujar Nikson Nababan.

Selain itu, Pembahasan Readiness Criteria yang di pimpin Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan ini, turut didampingi Sekda Kabupaten Tapanuli Utara Indra Simaremare serta para Asisten dan Staf Ahli Bupati Taput.

Diakhir pembahasan Readiness Criteria Nikson Nababan berpendapat bahwa dengan terbukanya akses jalan lingkar luar Siborongborong ini, dapat mengatasi kemacetan dan kesemrawutan di Kota Siborongborong.

“Mari kita duduk bersama untuk membangun Tapanuli Utara tercinta ini. Ini berkat yang luar biasa bagi kita, mari kita tata kota kita ini semakin baik dan menarik,” tandasnya.

Dalam pembahasan Readiness Criteria ini, Bupati Taput juga berpendapat akan menamai jalan Lingkar luar Siborongborong dengan nama jalan Proklamator RI, yakni Jalan Ir Soekarno.

Penulis: Devis Karmoy
Editor:Devis Karmoy

Baca Juga