Proyek Jalan Makalona Binjai Akan Diadukan ke KPK

Binjai - Proyek Jalan Makalona Binjai yang disoroti DPRD, akan diadukan oleh Walikota LIRA Kota Binjai, Edy Aswari, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Edy Aswari menilai proyek itu sarat masalah.

Ancaman itu dilontarkan Edy Aswari saat ikut DPRD Binjai meninjau langsung proyek Jalan Makalona, Kamis (19/3/2020) sore.

Dalam kunjungan itu hadir Kadis PUPR Pemko Binjai, Elvy, tiga anggota DPR D Binjai yakni Hj Emagata, Adil Putra, dan Ardiansyah, dan Dirut PT Putri Seroja Mandiri, Yohanes, yang mengerjakan proyek Jalan Makalona.

Sekadar mengingatkan, proyek Jalan Makalona di Kecamatan Binjai Timur sepanjang 1,3 km ini adalah proyek multiyears. Namun ditengarai proyek ini belum memiliki dokumen pelepasan tanah yang sah dari PTPN II ke pihak Pemko Binjai.

Namun anehnya, proyek yang menelan anggaran senilai Rp 40 Miliar tersebut sudah mulai dikerjakan oleh pihak rekanan atas persetujuan dari Dinas PUPR Pemko Binjai.

"Kami akan membawa persoalan ini dengan membuat laporan ke KPK. Sebab, proyek pembangunan jalan Makalona ini terindikasi banyak masalah, baik dari sisi anggaran maupun lahan yang diduga bermasalah," ujar Edy Aswari.

Sementara Dirut PT Putri Seroja Mandiri, Yohanes, menyebutkan pihaknya hanya melaksanakan pekerjaan sesuai nilai kontrak kerja.

Jadi, pihaknya tidak tahu tentang anggaran senilai Rp 15 miliar yang tekah ditetapkan dalam APBD. Pihaknya hanya tahu nilai kontrak pembangunan Jalan Makalona sudah dianggarkan senilai Rp 40 Miliar sesuai di LPSE.

"Kami juga telah mempertanyakan tentang ini melalui surat yang kami kirim ke Pemko Binjai," ujarnya.

Penulis: Bayu DA
Editor:Redaksi
Photographer:Bayu DA

Baca Juga