Naikan Anggaran Proyek, DPRD Kritik Pemko Binjai

Binjai - Sejumlah anggota DPRD Binjai mengkritik pihak Pemerintah Kota (Pemko) yang berani menaikan nilai anggaran Proyek Jalan Makalona, Kecamatan Binjai Timur, tanpa persetujuan DPRD. Apalagi kenaikan anggaran tersebut sangat fantastis, dari Rp 15 miliar menjadi Rp 40 miliar.

Kritikan itu disampaikan oleh Adil Putra, salah satu anggota DPRD Binjai, dalam pertemuan dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Binjai dan pihak rekanan yakni PT Putri Seroja Mandiri.

Dialog itu digelar Kamis (19/3/2029) sore, seusai meninjau langsung pengerjaan proyek Jalan Makalona, dan dihadiri oleh Kadis PUPR Elvy.

Hadir juga tiga anggota DPRD yakni Hj Emagata, Adil Putra, dan Ardiansyah, Walikota LIRA Binjai Edy Aswari, dan Dirut PT Putri Seroja Mandiri, Yohanes, yang mengerjakan proyek Jalan Makalona.

Dalam dialog itu Adil Putra mempertanyakan progres pengerjaan proyek ke pihak rekanan. Sebab, kata dia, anggaran yang disetujui DPRD Binjai hanya Rp 15 miliar.

Ia khawatir jika proses pengerjaan proyek itu sudah melebihi pagu anggaran yang ditetapkan.

"Jangan sampai pihak rekanan bermasalah nantinya kalau nanti pengerjaannya sudah melampaui budget dari yang dianggarkan yakni senilai Rp 15 miliar. Karena menurut saya terlalu berani sekali melaksanakan pekerjaan sampai di angka Rp 40 miliar, sedangkan sisa yang Rp 25 miliar lagi belum ada disetujui sama DPRD," ucap Adil.

Ketua Fraksi PAN DPRD Binjai, Hj Emagata, juga mempertanyakan dokumen pelepasan tanah yang belum dilengkapi.

"Karena kan antara DPRD dan Pemko Binjai sudah komit, proyek ini baru bisa dikerjakan apabila seluruh dokumen pelepasan tanahnya sudah dilengkapi semuanya," ujarnya.

Menjawab itu, Kadis PUPR P Elvy mengaku telah menggelar rapat dengan Sekdako Binjai untuk menyelesaikan seluruh dokumen pelepasan tanah untuk Jalan Makalona dari PTPN II. Dia meyakini seluruh dokumen soal tanah PTPN II tersebut bulan ini sudah rampung diselesaikan.

"Untuk tanah PTPN II, kata Pak Sekda bulan ini sudah diselesaikan semuanya," kata Elvy.

Penulis: Bayu DA
Editor:Redaksi
Photographer:Bayu DA

Baca Juga