Minim Disinfektan, Gedung DPRD Binjai Disemprot Deterjen

Binjai - Sejak wabah virus Korona atau Covid-19 meluas, saat itu pula disinfektan sangat sulit didapat. Akibatnya, penyemprotan berbagai gedung dan fasilitas umum hanya menggunakan campuran alakadarnya.

Contohnya adakah Gedung DPRD Binjai yang disemprot menggunakan campuran deterjen, bayclin, dan pembersih lantai wipol.

Proses penyemprotan dilakukan oleh tenaga medis dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pembantu Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara, Senin (23/3/2029) siang.

Kepala Puskesmas Pembantu (Kapustu) Kelurahan Nangka, dr. Romi, menyebutkan hal ini terpaksa dilakukan karena minimnya ketersediaan cairan disinfektan.

Romi yang ditemui di lokasi penyemprotan mengatakan, campuran satu botol bayclin bisa menghasilkan 20 liter air. Dan kandungan di dalam campuran Bayclin diyakini efektif untuk membunuh virus Korona.

"Hasilnya sangat efektif. Karena begitu disemprotkan virusnya akan langsung mati," katanya.

Dijelaskannya, ketersediaan cairan Disinfektan sangat sulit diperoleh. Bahkan, kini untuk Bayclin sendiri juga sudah jarang dicari.

"Inikan sebagai upaya pencegahan yang bisa kami lakukan, tapi yang paling penting adalah ikut melakukan pencegahan dari diri sendiri. Caranya dengan mencuci tangan dan menerapkan pola hidup sehat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Binjai, Noor Sri Alam Putra, mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan Pemko Binjai terkait upaya pencegahan antisipasi virus Korona di Kota Binjai.

Penulis: Bayu DA
Editor:Redaksi
Photographer:Bayu DA

Baca Juga