Duh, 17 Warga Binjai Kategori ODP Corona

Pemko Binjai telah membangun Posko penanggulangan Covid-19 sebagai upaya gerak cepat Pemko Binjai guna pencegahan masuknya wabah virus corona di Kota Binjai

Binjai - Jumlah kasus ODP (Orang Dalam Pengawasan) Virus Corona di Kota Binjai meningkat tajam. Hari ini saja sudah 17 warga Binjai yang dilaporkan teridentifikasi masuk dalam kategori ODP virus Covid -19.

"Hasil identifikasi sekarang sudah ada 17 orang yang ODP," kata Walikota Binjai, Idaham, saat ditemui di posko penanggulangan Covid-19 di halaman belakang Kantor Dinas Kesehatan Kota Binjai, Jumat (20/3/2020) sore.

Disebutkan Walikota Idaham, untuk warga yang teridentifikasi masuk dalam kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) viirus Korona masih nihil.

Oleh sebab itu, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah untuk melakukan pemantauan terhadap 17 ODP yang teridentifikasi.

"Mereka akan kita pantau terus di rumahnya selama 24 jam," ujarnya.

Posko penanggulangan Covid-19 yang dibangun merupakan upaya gerak cepat dari Pemko Binjai guna pencegahan masuknya wabah virus corona di Kota Binjai. Posko ini akan melayani setiap pengaduan masyarakat terkait wabah virus Corona.

"Kita juga punya ruang isolasi untuk mereka yang kategori ODP virus korona untuk dikarantina sementara, sebelum dibawa ke rumah sakit rujukan," ujarnya.

Kata Walikota, Pemko Binjai sudah melakukan seluruh langkah protokol yang diinstruksikan pemerintah pusat terhadap penanganan virus korona di daerah.

Sampai hari ini, kata Idaham, pihaknya baru menemukan pasien positif korona yang bertempat tinggal di Binjai. Dan kini sudah dirawat di RS Adam Malik Medan.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang. Upayakan dapat mengurangi aktivitas kurang penting di luar rumah.

"Mari kita lakukan pola hidup bersih, tetap di rumah dan jangan bepergian kalau tidak penting," sebutnya.

Penulis: Bayu DA
Editor:Redaksi
Photographer:Bayu DA

Baca Juga