BKM Mesjid Agung Mesjid Tetap Gelar Sholat Jumat

Binjai - Ketua Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Masjid Agung Kota Binjai, HM Yusuf, menegaskan pihaknya tetap akan menyelenggarakan ibadah sholat Jumat seperti biasa.

Hal yang sama juga akan mereka lakukan untuk pelaksanaan sholat lima waktu setiap harinya.

Hal ini dikatakan HM Yusuf didampingi pengurus BKM Mesjid Agung Binjai, H Ponimin, di sela-sela penyemprotan disinfektan oleh Dinas Kesehatan Binjai di Mesjid Agung, Jumat (20/3/2020).

Sebagai informasi, Mesjid Agung sendiri kini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang ramai dikunjungi jemaah dari luar daerah untuk melaksakan sholat wajib dan kegiatan syiar agama.

Berdiri sejak tahun 1987, masjid ini kini terus berbenah. Di dalam pekarangan halaman parkir Masjid Agung sudah banyak berdiri kios pedagang pakaian muslim. Kini juga telah tersedia restoran cepat saji Food Court.

Seluruh Rumah Ibadah
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Binjai, dr Sugianto, mengatakan Pemko Binjai akan melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah ibadah dari berbagai agama.

Tujuannya tentu agar tidak terjadi penyebaran virus korona (Covid-19) saat masyarakat hendak menunaikan ibadahnya.

Untuk tahap pertama, Pemko Binjai melalui Dinas Kesehatan telah menyemprotkan disinfektan ke Mesjid Agung yang berkapasitas 300 jamaah.

"Ini kan kita sudah action dimulai dari itu dulu barulah kedepan kita akan semprot lagi ke seluruh rumah ibadah lainnya secara bergiliran," kata Kadis Kesehatan, dr Sugianto, Sabtu (21/3/2020) siang.

Sugianto sendiri mengakui masih kekurangan persediaan Disinfektan. Tapi pihaknya tetap berupaya terus mencari dan membuat disinfektan sendiri.

"Saya pastikan seluruh tempat - tempat vital di Kota Binjai akan kita semprot disinfektan," ucapnya.

Melihat situasi terkini, kata Sugianto, Pemko Binjai terus berupaya melakukan langkah - langkah untuk pencegahan terjangkitnya virus korona.

Salah satunya dengan mendirikan Posko Pencegahan Corona di halaman belakang Dinkes Kota Binjai.

"Kita sudah siagakan beberapa ambulan dan belasan tenaga medis untuk kita turunkan ke lapangan terkait virus Corona ini, mereka akan bekerja selama 24 jam," ujarnya.

Pantauan kemarin, satu mobil ambulans membawa dua petugas terlihat mendatangi Masjid Agung Kota Binjai.

Kedatangan mereka ke sana untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh ruangan di dalam Masjid Agung Kota Binjai.

Penulis: Bayu DA
Editor:Redaksi
Photographer:Bayu DA

Baca Juga