Ombudsman Sumut

Ada 40 Laporan Masyarakat Terhadap Kepolisian di Ombudsman

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar foto bersama saat menyerahkan hasil survei kepatuhan terhadap institusi kepolisian di wilayah Polda Sumut kepada Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Khusin Dwihananto di Mapolda Sumut, Selasa (28/1/2020)

Medan-Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Abyadi Siregar menyebutkan, sepanjang tahun 2019 terdapat 40 laporan masyarakat menyangkut kepolisian di Sumatera Utara yang masih menggantung di Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

Hal itu dikemukan Abyadi Siregar saat menyampaikan hasil survei kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di 13 Polres se-Sumatera Utara sepanjang tahun 2019 yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Sumut. Dan hasil kepatuhan tersebut telah diserahkan kepada Wakapolda Sumut Brigjen Mardiaz Khusin Dwihananto di Mapolda Sumut, Selasa (28/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Abyadi juga menyampaikan kepada Wakapoldasu terkait kendala yang dihadapi dalam penanganan laporan masyarakat kepada Ombudsman, terutama menyangkut institusi kepolisian.

“Ada 40 laporan yang menggantung di Ombudsman menyangkut kepolisian di Sumut,” sebut Abyadi Siregar didampingi Kepala Keasistenan Pencegahan Edward Silaban dan Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan James Panggabean di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Selasa (28/1/2020).

Menurut Abyadi, laporan terbanyak yang menggantung disebabkan misalnya, permintaan klarifikasi oleh Ombudsman yang lama direspon oleh Institusi Kepolisian yang dilaporkan.

“Laporan menyangkut kepolisian yang masuk ke Ombudsman pada umumnya adalah menyangkut dugaan maladministrasi berupa penundaan berlarut, penyimpangan prosedur dan penyalahgunaan wewenang,” ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut.

“Pak Wakapolda menyampaikan bahwa akan ada komunikasi yang lebih intens ke depan antara kita, dengan Polda Sumut agar ada perbaikan. Mungkin nanti akan ada semacam grup antara kita,” pungkasnya.

Penulis: Devis Karmoy
Editor:Devis Karmoy

Baca Juga