DPRD Langkat Setujui Anggaran Rp 6,1 M untuk Penanganan Pandemi Covid-19

Gedung DPRD Kabupaten Langkat

Langkat – DPRD Kabupaten Langkat sepakat merealokasikan anggaran sebesar Rp 6,1 milyar untuk penanggulangan virus corona disease (Covid-19) di Kabupaten Langkat.

Realokasi anggaran Rp 6,1 milyar itu sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 119/2813/SJ dan nomor 177/KMK.07/2020 tentang percepatan penyesuaian APBD 2020 dalam rangka penanganan Covid-19.

Keputusan realokasi anggaran ini sebelumnya telah di bahas dan dimusyawarahkan antara pimpinan DPRD dengan para pimpinan fraksi partai politik di DPRD Langkat pada Senin (20/4/2020) lalu.

“Kita berharap realokasi anggaran sebesar Rp. 6,1 milyar ini dapat dipergunakan (untuk penanganan pandemi Covid-19) dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten Langkat,” kata Ketua DPRD Langkat Surialam SE bersama Donny Setha, Ralin Sinulingga dan Antoni sebagai pimpinan DPRD Langkat, diruang kerja Ketua DPRD Langkat, Senin (27/4/2020).

Tidak hanya Rp 6,1 milyar ini, pimpinan DPRD Langkat juga meyakini masih terdapat anggaran di organisasi perangkat daerah (OPD) yang turut mengurangi anggarannya untuk penanganan pandemi Covid-19. Untuk itu pimpinan DPRD Langkat berharap anggaran tersebut dapat dipergunakan tepat pada sasarannya.

Sementara, Sekretaris DPRD Langkat Drs Basrah Pardomuan yang turut mendampingi keempat pimpinan DPRD merincikan realokasi anggaran sebesar Rp 6.160.059.213 itu, bersumber dari berbagai program yang telah dianggarkan sebelumnya.

Antara lain program pelayanan administrasi perkantoran, program peningkatan sarana dan prasarana, program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur serta program kapasitas lembaga perwakilan rakyat daerah.

“Realokasi anggaran dari DPRD Langkat sebesar Rp 6.160.059.213 ini juga sudah kami sampaikan kepada Bupati Langkat,” ujar Basrah Pardomuan.

Penulis: Reza Pahlevi
Editor:Redaksi
Photographer:Reza Pahlevi

Baca Juga