Pilkada Medan, Demokrat: Belum Menentukan Calon dan Koalisi

Plt Ketua Partai Demokrat Provinsi Sumatera Utara Herry Zulkarnain (baju biru) salam komando bersama Politisi Partai Gerindra Kota Medan Ikhwan Ritonga.

Medan – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sumatera Utara memastikan hingga saat ini Partai besutan mantan Presiden SBY belum menetapkan bakal calon pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, termasuk menentukan koalisi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, terutama di Kota Medan tahun 2020.

"Jadi, hampir sama dengan semua partai, kita belum tetapkan siapa calon dan koalisi (untuk Pilkada Serentak) kita di Medan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara Herry Zulkarnain kepada Swarasumut.com, Selasa (24/3/2020) di Medan.

Herry Zulkarkain berpandangan, bila dengan ditetapkannya bakal calon kepala daerah, tentu konsekwensinya seluruh mesin partai di Demokrat Kota Medan harus bergerak dalam memenangkan calon yang diusung.

"Lihat saja kalau kita sudah tetapkan siapa calon kita, orang-orang di Demokrat ini pasti akan bergerak untuk menangkan calon itu," sebutnya.

Saat disinggung soal adanya komunikasi politik antara Partai Demokrat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Herry tidak secara tegas menepis isu itu.

"Saya belum dapat informasi tentang hal itu. Dan, saya juga belum bisa tegaskan soal itu," katanya.

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara ini juga tidak mempersoalkan deklarasi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Medan Burhanuddin Sitepu sebagai bakal calon Wali Kota dari PKS beberapa waktu lalu. Herry menyadari sebagai kader ia mempersilahkan Burhanuddin Sitepu menjalin silaturrahmi dengan partai lain.

"Semua kader kita persilahlan boleh ikuti kegiatan-kegiatan partai lain, itulah namanya silaturrahmi. Kalau diundang kita harus hadir, tetapi itu bukan menjadi keputusan dan kepastian bahwa kita berpaket (Demokrat-PKS)," ujar Herry sembari menegaskan, hingga saat ini Partai Demokrat belum menetapkan bakal calon untuk Pilkada Kota Medan.

Penulis: Ucok Iswandi
Editor:Redaksi
Photographer:Ucok Iswandi

Baca Juga