Di Binjai, Istri Walikota Bersaing dengan Wakil Walikota

Binjai -  Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Binjai diperkirakan bakal diikuti lebih dari dua pasangan calon walikota-wakil walikota. Namun dari sejumlah nama yang beredar, ada pertarungan popularitas antara Lisa Andriani Lubis dan Timbas Tarigan.

Lisa saat ini adalah istri dari Walikota saat ini, H Idaham. Sementara H Timbas Tarigan adalah wakil walikota yang sudah dua periode mendampingi Idaham, suami Lisa Andriyani Lubis.

Pertarungan popularitas kedua orang itu setidaknya bisa dilihat dari survei yang dilakukan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Binjai dan diungkapkan dalam rapat pleno penetapan bakal calon pilkada Binjai tahun 2020 untuk direkomendasi ke pengurus wilayah Sumut, Minggu (1/3/2020) malam

Survei ini dikerjasamakan dengan Digital Repository Universitas Negeri Medan, Leksa Institute dan Biro Klasifikasi Indonesia.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan partisipatif, yakni dengan melakukan interview dan FGD dengan tokoh-tokoh agama dari masing-masing kelurahan dan kecamatan se-Kota Binjai.

Dalam survei internal PAN Binjai, Lisa Andriani Lubis menempati posisi teratas sebagai bacalon yang unggul di variabel elektoral, dengan nilai elektabilitas sebesar 27 persen dan popularitas 31 persen.

Di bawah Lisa memang ada Juliadi yang meraih nilai popularitas 22 persen dan elektabilitas 20 persen. Juliadi disebut-sebut juga sebagai salah satu bakal calon yang layak diperhitungkan.

Namun untuk variabel sosial, Timbas Tarigan lebih unggul dibanding Lisa dan bakal calon lainnya. Di variabel ini, Timbas dapat 11 persen untuk nilai religiusitas, stabilitas masalah sosial 11 persen dan pemilih pemula 13 persen.

Disusul kemudian Juliadi dengan nilai religiusitas 10 persen, stabilitas masalah sosial 9 persen dan pemilih pemula 11 persen.

Berharap Dukungan PAN
Menanggapi survei ini, Lisa yang ditemui dalam acara sosialisasi Posyandu di Puskesmas Kebun Lada, Senin (2/3/2020), berharap PAN Binjai dapat merekomendasikan namanya hingga tingkat DPP.

Ia berterimakasih atas survei yang dilakukan PAN Binjai yang menunjukan posisi Lisa yang tetap ada di posisi atas dalam sejumlah variabel.

Ia mengklaim hingga kini terus melakukan komunikasi secara intens dengan partai berlambang matahari tersebut.

Bagaimana dengan Timbas Tarigan? Sejauh ini mantan anggota DPRD Medan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) periode 2004-2009 itu tak bisa dihubungi.

Salah satu anggota tim suksesnya menyebutkan Timbas Tarigan saat ini sedang sakit. "Bapak sedang sakit bang," kata salah seorang tim suksesnya yang tak mau disebutkan namanya.

Baca Juga