Cegah Penyebaran Corona, KPU Karo Menunda Sejumlah Tahapan Pilkada

Suasana para Komisioner KPU Karo tengah menyiapkan langkah pasca penundaan sejumlah tahapan Pilkada Serentak 2020, Selasa (24/3/2020).

Karo – Sebagai upaya menekan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang kian mewabahnya ke berbagai daerah di Tanah Air, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya memutuskan menunda beberapa tahapan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 23 September 2020 yang akan datang.

Mengacu pada kebijakan KPU RI dalam surat keputusan KPU RI No.179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tersebut, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Karo pun mengambil langkah untuk menunda beberapa tahapan Pilkada.

Ketua KPU Karo Gemar Tarigan menyebutkan, beberapa tahapan dalam proses pilkada yang terpaksa ditunda pelaksanaannya, diantaranya Pelantikan, Verifikasi Faktual, Perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan Pemutahiran Data Pemilih.

Meski begitu, Gemar Tarigan mengatakan penundaan tersebut hanya bersifat sementara.

"Atas surat edaran dari KPU Pusat kita melakukan penundaan beberapa tahapan, dan ini sifatnya sementara. Tapi untuk waktunya belum tahu sampai kapan, kita tunggu kembali arahan dari (KPU) pusat," jelas Gemar kepada wartawan, Selasa (24/03/2020).

Sesuai jadwal dan tahapan, KPU Karo seharusnya melaksanakan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Minggu (22/3/2020) kemarin. Selain pelantikan PPS, KPUD Karo juga menunda tahapan Verifikasi Faktual dijadwalkan pada 2-15 April 2020 mendatang.

"Tahapan yang kita tunda itu pelantikan petugas PPS kita, ada 7 Kecamatan kita tunda, dan 10 Kecamatan kemarin sudah berlangsung," ujarnya.

Gemar menambahkan, dua tahapan lainnya, seperti perekrutan PPDP serta Pemutahiran Data Pemilih yang direncanakan pada akhir Maret ini juga mengalami penundaan.

"Itu sesuai jadwal perekrutan PPDP tanggal 26 Maret sampai 15 April 2020 mendatang dan Pemutahiran data pemilih, tanggal 23 Maret sampai 17 Mei 2020 juga kita tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan," ungkapnya.

Namun, Gemar Tarigan memastikan penundaan ini hanya untuk beberapa tahapan menuju Pilkada 2020 serentak.

"Kita tegaskan kalau ini yang ditunda hanya tahapan-tahapannya saja, kan menuju Pilkada nanti banyak tahapannya. Jadi bukan Pilkadanya yang ditunda,” imbuhnya.

Berapa lama penundaan tahapan Pilkada ini, Gemar masih menunggu kepastian dari KPU RI, dan akan kembali menyampaikan kepada publik.

Baca Juga