Wapres Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Rayakan Idul Fitri Dari Rumah Saja

Wakil Presiden Republik Indonesia Kyai H Ma'ruf Amin

Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah kepada umat muslim di seluruh Indonesia.

Wapres juga meminta masyarakat merayakan hari kemenangan dari rumah saja, sebab kondisi bangsa dan negara masih mengalami pandemi COVID-19.

“Tidak di masjid, ataupun di lapangan terbuka, karena situasi keadaan negara kita masih menghadapi bahaya Covid-19. Oleh karena itu masih perlu adanya mencegah berkumpulnya massa yang banyak, untuk mencegah penularan Covid-19” kata Wapres, di Jakarta., Jumat (22/5/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Wapres meminta umat muslim kembali mengingat apa yang diajarkan dalam agama Islam tentang pentingnya membangun kemaslahatan dan menghilangkan kemadharatan.

"Di dalam melaksanakan ajaran agama, kita senantiasa menyesuaikan dengan keadaan, dan tahun ini, hari raya yang kita masih dalam suasana kedaruratan itu, kebahayaan itu. Tahun ini, kita masih dalam suasana tahun kebahayaan,” jelas Wapres.

Atas nama Wakil Presiden dan Pemerintah, Ma’ruf Amin juga memohon maaf karena pandemi COVID-19 di Indonesia belum dapat dituntaskan. Menurutnya hal tersebut karena ada beberapa faktor.

Namun pemerintah akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk mengatasi virus corona. Pemerintah juga mengharapkan sumbangsih dan peran dari masyarakat untuk sama - sama memerangi virus tersebut.

"Kami, Pemerintah mohon maaf, karena memang, bahaya belum hilang. Bahaya Corona ini belum hilang. Untuk menghilangkan ini, bukan-bukan sesuatu yang mudah, karena Indonesia ini selain Corona-nya itu juga memang merupakan virus yang sulit dihadapi, kita bangsa Indonesia itu memiliki jumlah penduduk yang besar dibanding negara-negara ASEAN lainnya, dan wilayah kita juga sangat luas dari Sabang sampai Merauke, ini juga kesulitan tersendiri,” jelas Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma'ruf menambahkan pemerintah menyadari Covid-19 membawa dampak buruk bagi ekonomi dan sosial. Pemerintah tentunya tidak akan tinggal diam, di bidang sosial pemerintah sudah menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.

Kemudian dalam bidang ekonomi, pemerintah sekarang tengah memikirkan cara untuk melakukan pemulihan ekonomi.

“Insya Allah beberapa waktu yang akan datang akan coba digulirkan, supaya ekonomi yang terdampak ini bisa kembali lagi, dengan tetap menjaga kesehatan masyarakat, dengan tetap berusaha untuk mengendalikan dan menghilangkan COVID-19, tetapi bagaimana ekonomi bisa tumbuh,” jelas Ma’ruf.

Penulis: Dwinanto
Editor:Redaksi

Baca Juga