TNI Kosisten Bantu Pemerintah Penanganan Covid-19 di Indonesia

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan TNI telah melaksanakan beberapa langkah konkrit membantu pemerintah menekan pandemi Covid-19. Hal itu dikatakan Panglima TNI pada acara Web Internet Seminar (Webinar) dengan KBRI Singapura, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

“Beberapa langkah konkrit yang telah dilakukan TNI dalam membantu pemerintah menekan Covid-19 yaitu Operasi Penanganan Medis, Operasi Pengamanan dan Operasi Dukungan,” ujar Hadi, di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Panglima TNI menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga Rumah Sakit rujukan utama dan 19 Rumah Sakit rujukan pendukung. Selain itu, TNI juga menyiapkan Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr. Soeharso dan KRI Semarang serta lima Rumah Sakit Lapangan dari Batalyon Kesehatan TNI.

Hadi menambahkan operasi percepatan penanganan Covid-19 yang dilaksanakan TNI antara lain, pertama, pengamanan perbatasan darat dan laut dengan menggelar kekuatan teritorial TNI dan alutsista gabungan, satuan teritorial membantu pemeriksaan arus orang masuk di pelabuhan, bandara, Pos Lintas Batas Nasional tak terkecuali jalur tikus.

“Kedua, pengamanan jalur logistik untuk menjamin pengiriman bantuan sosial kepada masyarakat selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Dan ketiga, pengamanan PSBB yang dilakukan bersama instansi terkait untuk menegakkan aturan PSBB dan sosialisasi larangan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri,” tambah Hadi.

Pada operasi dukungan ini, TNI juga melaksanakan pengamanan di titik-titik pemeriksaan di jalur yang digunakan untuk mudik. Tak hanya itu, TNI juga terlibat mendistribusikan alat kesehatan ke berbagai provinsi menggunakan pesawat angkut dan truk TNI.

Penulis: Dwinanto
Editor:Redaksi

Baca Juga