TNI Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Topan Harold ke Fiji

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat melihat proses pengiriman bantuan kemanusiaan di Base Oke Pangkalan Udara Lanud Halim Perdana Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/5/2020).

Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan mengirim bantuan kemanusiaan sebanyak 12,9 Ton berupa makanan dan minuman untuk korban Topan Tropis Harold yang menghantam Republik Fiji, beberapa waktu lalu. Prosesi pengiriman bantuan dipimpin langsung Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/5).

"Bantuan kemanusiaan ini menunjukkan eratnya hubungan kedua negara. Sebagai negara yang bersahabat tentu akan saling bantu saat dibutuhkan," kata Hadi, di Lanud Halim Perdanakusuma.

Panglima TNI berharap bantuan yang dikirim Pemerintah Indonesia ini bisa meringankan beban rakyat Fiji dan dapat mempererat hubungan baik kedua negara.

Rencananya pengiriman bantuan akan dilakukan pada Rabu (13/5/2020) pukul 05.00 WIB menggunakan pesawat Hercules C130 seri A1318 milik TNI AU. Bantuan tersebut diperkirakan tiba di Fiji hari Kamis (14/5/2020) pukul 22.00 waktu setempat.

Sebelumnya pada 8 April 2020 yang lalu, Topan Harold menerjang Fiji dan merusak bangunan, rumah-rumah penduduk dan banjir di sebagian wilayah. Tak hanya itu, aliran listrik dan fasilitas komunikasi pun terputus.

Bencana ini menambah kesulitan Fiji di tengah Pandemi Covid-19 yang juga melanda negara-negara Pasifik Selatan.

Penulis: Dwinanto
Editor:Redaksi

Baca Juga