Kini, Bayar Parkir di Medan Nontunai

Medan - Pembayaran parkir di sejumlah titik di kota Medan kini bisa dilakukan secara nontunai. Juruparkir atau Jukir yang ada tidak akan lagi melayani pembayaran parkir secara cash, baik uang kertas atau koin.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan, Iswar, kpeada sejumlah wartawan di Medan, Minggu (15/3/2020). Ia memastikan ada beberapa ruas jalan di Kota Medan, tidak lagi melayani pemberian uang tunai atau recehan bagi setiap pengendara yang akan parkir.

"Tahap awal ada 4 ruas jalan dulu, untuk lokasi-lokasi jalannya sudah kita kaji yang yang memungkinkan dijalani dulu dalam waktu dekat ini. Jadi, nanti Jukir (juru parkir) kita tak lagi layani uang recehan, tapi sudah ada sistem pembayaran elektronik," kata Iswar.

Guna melancarkan program tersebut, ungkap Iswar, para jukir langsung ditangani pegawai Dishub. "Dari sekarang sampai 1 April mendatang," jelasnya.

Pihaknya akan memberikan pelatihan kepada para jukir untuk mengetahui bagaimana tehnik pengawasan dan penggunaan alat itu.

"Dengan menggunakan teknologi tinggi ini, para jukir akan semakin mudah, dimana peralatan dari Bank Sumut ini juga melekat pada jukir itu saat bertugas di lapangan. Perangkatnya fleksibel dan Bank Sumut juga sudah nyatakan siap," paparnya.

Rahmad Afandi, Divisi Dana dan Jasa Bank Sumut, mengaku secara sistem Bank Sumut menyatakan kesiapannya, termasuk aplikasi dan peralatan pendukungnya.

"Jadi, tinggal persiapan jukir dan masyarakat saja. Ini sudah saya sampaikan ke Pak Iswar (Kadishub Medan) ini bagian komitmen Bank Sumut dalam maksimalkan pendapatan daerah," serunya.

Penulis: Ucok Iswandi
Editor:Redaksi
Photographer:Ucok Iswandi

Baca Juga