Program PSR Jokowi

Gelar Tanam Perdana, Samade Simalungun Tuai Prestasi

Hatonduan - Para petani yang tergabung dalam dua kelompok tani (Poktan), yakni poktan Dos Roha dan Poktan Andalan, dan dibina oleh DPD Asosiasi Sawitku Masa Depanku (Samade) menuai prestasi yang patut dibanggakan.

Asosiasi ini akhirnya berhasil merealisasikan aksi tanam perdana yang merupakan bagian dari program peremajaan sawit rakyat (PSR) yang dicanangkan oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo (Jokowi) beberapa tahun lalu.

"Kami patut berbangga hati, bahagia. Sebab, perjuangan kami dalam mengumpulkan data, melakukan sejumlah pelatihan yang dibantu oleh Bapak Henry Marpaung selaku penggiat sawit berkelanjutan, serta dibantu juga oleh Bapak Irfan Affandi dari ILO (International Labour Organization), akhirnya berbuah tanam perdana di program PSR ini," ujar Ketua DPD Asosiasi Samade Simalungun, Muchtar Sinaga SP MM, melalui video call kepada sejumlah media, Selasa (11/2/2020) pagi.

Muchtar yang saat itu didampingi oleh Sekretaris Edi Sinaga dan Bendahara Belman Manurung juga tak lupa berterimakasih atas bantuan dan bimbingan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Simalungun, Kepala Dinas Perkebunan Sumut Hj Herawaty NM, PTPN IV, dan seluruh pihak terkait, termasuk kalangan perbankan yang telah membantu dalam proses penyaluran pendanaan untuk program PSR perdana ini.

Sementara itu Sekretaris Samade Simalungun Edi Sinaga mengungkapkan, tanam perdana akan dilakukan di Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.

"Dan program selanjutnya akan ada PSR lanjutan terdiri dari empat kelompok tani yang dibina oleh Asosiasi Samade. Kegiatan tanam perdana kali ini akan dihadiri oleh Ibu Kepala Dinas Perkebunan Sumut Hj Herawaty NM, dan dari Dinas Pertanian Simalungun," papar Edy.

Tak lupa, sambung Edy, hadir juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), optaker dari PTPN IV dan tokoh agama Kab. Simalungun, para pengurus  Samade, baik DPP, DPW Sumut, dana DPD Simalungun. Edi Sinaga menyebutkan, Ketua DPW Samade Provinsi Sumut Indra Muda Pasaribu menghadiri acara ini secara langsung.

"Kami memohon doa agar mulai dari kegiatan hingga para petani sawit melakukan penanaman dan perawatan dalam meningkat produktivitasnya, sehingga para petani sawit sejahtera, negara akan makmur," tegas Edi Sinaga.

Baca Juga